LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

1. LAYANAN ORIENTASI

Layanan orientasi adalah layanan yang membantu peserta didik  untuk mengenal dan memahami keadaan dan situasi yang ada pada lingkungan sekolah  yang baru dimasukinya,agar peserta didik lebih familiar dengan sekolahnya serndiri,maka ia perlu mengetahui lebih jauh tentang berbagai fasilitas & program-program yang ada di sekolah.

Tujuan layanan orientasi: Tujuan layanan orientasi adalah agar peserta didik dapat beradaptasi danmenyesuaikan diri dengan lingkungan baru secara tepat dan memadai. Sehinggapeserta didik akan lebih mudah dalam mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah gunamencapai keberhasilan belajarnya. Selain itu layanan orientasi diharapkan dapat mencegah timbulnya permasalahan penyesuaian siswa dengan pola kehidupan sosial, belajar dan kegiatan lain disekolah yang berkaitan dengan keberhasilan siswa. Begitu juga bagi orang tua agar memahami kondisi dan situasi sekolah sehingga dapat mendukung keberhasilan anaknya.

2. LAYANAN INFORMASI

Layanan informasi adalah layanan berupa pemberian pemahaman kepada siswa tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani tugas dan kegiatan di sekolah dan untuk menentukan dan mengarahkan tujuan hidup.
Jenis-jenis informasi yang diberikan kepada siswa yaitu :
1.                 Informasi bidang pribadi
2.                 Informasi bidang sosial
3.                 Informasi bidang belajar
4.                 Informasi bidang karier


Layanan dapat dilakukan dengan membawa siswa ke suatu tempat atau narasumber tertentu untuk mendapatkan gambaran dan informasi secara lebih jelas.
3. LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN


 Layanan penempatan dan penyaluran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat (misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, kegiatan co-ekstrakurikuler) sesuai dengan potensi, bakat dan minat serta kondisi pribadi.

Layanan penempatan adalah usaha-usaha membantu siswa merencanakan masa depannya selama masih di sekolah dan madrasah dan sesudah tamat, memilih program studi lanjutan sebagai persiapan untuk kelak memangku jabatan tertentu.

4. LAYANAN PENGUASAAN KONTEN

Layanan Penguasaan Konten (PKO) merupakan layanan bantuan oleh individu (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan. kemampuan atau kompetensi yang dipelajari itu merupakan konten yang didalamnya terkandung fakta dan data, konsep, hukum dan aturan, nilai, persepsi, afeksi, sikap dan tindakan terkait didalamnya. Layanan penguasaan konten membantu menguasai aspek-aspek konten tersebut secara tersinergikan. Layanan penguasaan konten, individu diharapkan mampu memenuhi kebutuhannya serta mengatasi masalah-masalah yang dialaminya. 

5. LAYANAN KONSELING INDIVIDU

 Layanan Konseling Individual  yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya. Layanan konseling individual merupakan layanan yang diselenggarakan oleh seorang guru Bimbingan dan Konseling (konselor) terhadap seorang konseli (dibaca: siswa) dalam rangka pengentasan masalah pribadi konseli.  Dalam suasana tatap muka dilaksanakan interaksi langsung antara konseli dan konselor, membahas berbagai hal tentang masalah yang dialami konseli. Pembahasan tersebut bersifat mendalam menyentuh hal-hal penting tentang diri konseli (bahkan sangat penting yang boleh jadi menyangkut rahasia pribadi konseli) bersifat meluas meliputi berbagai sisi yang menyangkut permasalahan konseli, namun juga bersifat spesifik menuju kearah pengentasan masalah.

6. LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang diberikan kepada sekelompok siswa baik ada masalah ataupun tidak ada masalah.

Bimbingan kelompok dapat dilakukan dengan permainan tertentu atau out bond. Dapat juga berupa diskusi kelompok dengan membahas masalah topik tertentu. Masalah yang dibahas dapat ditentukan oleh konselor, dapat juga dipilih sendiri oleh siswa.
7. LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Layanan konseling kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada sekelompok individu. Keuntungan dari layanan ini adalah dengan satu kali pemberian layanan , telah memberikan manfaat atau jasa sekelompok  kepada orang.

Konseling kelompok adalah layanan yang diberikan kepada sekelomok individu guna mengatasi masalah yang relatif sama sehingga mereka tidak mengalami hambatan untuk mengembangkan segenap potensi yang dimiliki.
8. LAYANAN MEDIASI

Layanan mediasi merupakan layanan konseling yang dilaksanakan konselor terhadap dua  pihak atau lebih yang sedang keadaan yang tidak menemukan kecocokan. Berdasarkan makna ini, layanan mediasi juga berarti layanan atau bantuan terhadap dua pihak atau lebih yang sedang dalam keadaan bermusuhan.

Layanan mediasi bertujuan agar tercapai kondisi hubungan yang positif dan kondusif diantara para klien atau pihak-pihak yang bertikai atau bermusuhan. Dengan perkataan lain agar tercapai hubungan positif dan kondisif diantara siswa yang sedang bermusuhan

Layanan mediasi bertujuan agar terjadi perubahan atas kondisi awal yang negatif (bertikai atau bermusuhan) menjadi kondisi baru (kondusif dan bersahabat)   dalam hubungan antara dua belah pihak yang bermasalah. Terjadinya perubahan kondisi awal yang cenderung negatif kepada kondisi yang lebih positif.

Layanan mediasi merupakan layanan konseling yang dilaksanakan konselor terhadap dua pihak (lebih) yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan menjadikan mereka saling berhadapan, saling bertentangan, saling bermusuhan. Pihak-pihak yang bermusuhan itu jauh dari rasa damai, bahkan mungkin berkehendak saling menghancurkan. Keadaan yang demikian itu akan merugikan dua pihak (atau lebih). Dengan layanan mediasi konselor berusaha mengantar atau membangun hubungan diantara mereka, sehingga mereka menghentikan dan terhindar dari pertentangan lebih lanjut yang merugikan semua pihak.

9. LAYANAN KONSULTASI

Layanan Konsultasi merupakan layanan yang memungkinkan seseorang memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau permasalahan orang lain yang menjadi kepeduliannya.
Tujuan Layanan Konsultasi Menurut Fullmer & Bernard (dalam Shetzer,1985) layanan konsultasi bertujuan :

1.       Memperbaiki komunikasi dengan cara memberikan fasilitas informasi yang bermanfaat dan langsung bagi orang-orang terkait (orang tua),
2.      Mengajak semua orang yang mempunyai fungsi dan peran dalam memperbaiki lingkungan belajar,
3.      Memperluas layanan para ahli dalam memberikan layanan kepada orang lain yang membutuhkan bantuan,
4.      Memperluas kedalaman layanan pendidikan bagi konselor kepada orang tua, guru bidang studi, dan kepala sekolah,
5.      Membantu orang lain (orang tua) bagaimana belajar menangani tingkah laku bermasalah pada anak, dan

6.      Menggerakan kelompok, organisasi, individu membantu dirrinya sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar